• Jelajahi

    Copyright © LenteraIndonesia.co.id - portal berita indonesia dan dunia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jual Beli BBM Subsidi Solar dengan Terang-terangan di SPBU 54.641.10

    ReD
    Minggu, 17 Maret 2024, 3/17/2024 WIB Last Updated 2024-03-17T15:45:56Z
    www.domainesia.com
    lentera-indonesia

    LenteraIndonesia.co.id || Kediri, - Dugaan penyalahgunaan BBM Subsidi solar yang diperjual belikan di SPBU 54.641.10 di daerah Banjarjowo, Mekikis, Kec Purwoasri, Kab. Kediri. Sabtu, 16/3/2024 dengan oknum tak bertanggung jawab.


    Pasalnya didepan SPBU sekira pukul 19.00 WIB mendapati kejadian pembelian solar dengan menggunakan motor yang memakai ronjot yang dalamnya ada 4 jerigen plastik dengan kapasitas 35 Liter.


    Setelah tim dari media mengorek keterangan, ternyata Terduga inisial "R" tidak punya Barkot/Referensi yang bisa ditunjukan, malah meminta rekom milik temannya yang saat itu gak jadi ikutan ngisi dan malah pergi menjauh.


    Sedangkan operator SPBU berinisial " H " dengan santainya biasa- biasa saja melayani pembelian. Padahal Sudah ada larangan pengisian BBM menggunakan jerigen dan sudah diatur dalam Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 agar SPBU dilarang untuk menjual premium dan solar kepada warga menggunakan jerigen dan drum untuk dijual kembali ke konsumen.


    Pembelian menggunakan jerigen juga termuat dalam Peraturan Mentri ESDM No. 8 Tahun 2012 bahwa telah diatur larangan dan keselamatan. Peraturan itu menerangkan secara detail tentang konsumen pengguna, SPBU tidak diperbolehkan melayani jerigen.


    Harusnya penerapan QR Code Subsidi tepat di jenis BBM Tertentu (JBT) Solar bukan tanpa alasan. Utamanya karena penyediaan solar dibatasi oleh pemerintah, dari sinilah pihak SPBU harus paham dan menjalankan aturan tersebut.


    Di ketahui, saat tim media konfirmasi ke SPBU tersebut ternyata ada yang melindungi dan menguasai (mem backup) daerah tersebut, mereka mendatangi kami dengan berkata yang jorok dan marah- marah dengan lantangnya dan didampingi 2 temanya. Mereka mengusir kami dan menuduh kami meminta uang, padahal kami menjaga mereka agar tidak kabur dan menunggu salah satu rekan melakukan pelaporan.


    Meskipun salah satu kami sudah melapor ke Polsek Purwoasri, tapi bukti berkata lain, para pelaku lolos  dengan mudahnya.


    Bersambung...


    SC : Dyh

    Editor : Punk

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    Laporan-Masyarakat

    +