• Jelajahi

    Copyright © LenteraIndonesia.co.id - portal berita indonesia dan dunia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pj. Gubernur Jatim Apresiasi Dinas Kesehatan yang Berinovasi Tiada Henti

    ReD
    Jumat, 09 Agustus 2024, 8/09/2024 WIB Last Updated 2024-08-09T09:28:09Z
    www.domainesia.com
    lentera-indonesia

    LenteraIndonesia.co.id || Surabaya,- Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah (Rakorkesda) serta pengukuhan Tim Penguatan Panduan Praktis Klinis (PPK), peresmian Ruang Teater Kenanga dan Ruang Inovasi Kemangi, serta peluncuran aplikasi E-Detik.


    Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, dalam sambutannya, Kamis (8/8/2024) mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah dilakukan Dinas Kesehatan Jatim. Menurutnya, inovasi-inovasi tersebut telah berkontribusi signifikan dalam memperbaiki indikator kesehatan masyarakat Jawa Timur. Ini bukti Diskes Jatim telah melakukan inovasi tiada henti. “Angka kematian bayi, angka kematian ibu, dan cakupan imunisasi terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa layanan kesehatan di Jawa Timur berjalan efektif dan berkualitas,” ujar Adhy Karyono dalam sambutannya.


    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Erwin Astha Triyono, menjelaskan bahwa output yang diharapkan dari Rakorkesda tahun ini adalah tersusunnya kesepakatan dan rencana tindak lanjut dalam rangka mewujudkan strategi penguatan transformasi kesehatan di Jawa Timur untuk mendukung Indonesia Emas 2045. “Rakorkesda ini merupakan forum strategis untuk mengkoordinasikan dan menyinkronkan program dan kegiatan kesehatan di Jawa Timur,” kata Erwin.


    Selain Rakorkesda, Dinas Kesehatan Jatim juga meresmikan Ruang Teater Kenanga dan Ruang Inovasi Kemangi. Kedua ruangan ini akan digunakan untuk pengembangan kapasitas tenaga kesehatan dan inovasi layanan kesehatan. Selain itu, Dinas Kesehatan Jatim juga meluncurkan aplikasi E-Detik. Aplikasi ini merupakan sistem informasi elektronik yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja program kesehatan di Jawa Timur secara real time.


    Dengan berbagai inovasi yang dilakukan, Dinas Kesehatan Jatim diharapkan dapat terus meningkatkan akses, kualitas, dan efisiensi layanan kesehatan bagi masyarakat Jawa Timur. Erwin juga melaporkan, capaian Universal Health Coverage (UHC) di Jawa Timur meningkat secara signifikan dalam tiga tahun terakhir. Terjadi peningkatan kab/kota UHC tahun 2024 sebanyak 27 kab/kota dibandingkan tahun 2023 sebanyak 25 kab/kota. Dari 41.646.099 penduduk di Jawa Timur, sudah 93,82% yang menjadi peserta JKN


    Sementara itu, capaian desa/kel ODF atau Open Defecation Free atau yang biasa disebut dengan stop buang air besar sembarangan sampai bulan Juli 2024 sebesar 96,75%. Hal ini tersebut meningkat dibandingkan tahun 2023 yaitu 91,2%. Sampai bulan Juli 2024 capaian Puskesmas yang telah mengimplementasikan Integrasi Layanan Kesehatan (ILP) sebesar 73,5% (352 Puskesmas) dari target yang telah ditetapkan, dan diharapkan bisa tercapai target diakhir tahun 2024.


    Editor : Punk

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    Laporan-Masyarakat

    +