• Jelajahi

    Copyright © LenteraIndonesia.co.id - portal berita indonesia dan dunia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Box Culvert Pecah, Proyek Saluran U-ditch Jalan Pakis Tirtosari Ngawur, Layak Disidak Kejaksaan

    ReD
    Senin, 23 September 2024, 9/23/2024 WIB Last Updated 2024-09-23T07:07:11Z
    www.domainesia.com
    lentera-indonesia

    LenteraIndonesia.co.id || Surabaya - Pengerjaan proyek Gorong-gorong atau Pembangunan U-ditch  di Jalan Pakis Tirtosari di wilayah RW. 05 kelurahan Pakis, kecamatan Sawahan, kota Surabaya diduga sangat ngawur, dalam peletakan Box Culvert tidak rata serta diduga mengakibatkan pecah dan retak.  


    Pasalnya, Pekerjaan Pedestrian Saluran U-ditch di Jalan Pakis Tirtosari diduga kuat menyimpang dari spesifikasi teknik yang telah disepakati. Proyek, tampak dilokasi dalam tahapan pengerjaannya ngawur tidak memperhatikan struktur tanah dan Bil of Quantity (BoQ), bahkan pemenang lelang proyek PT. Duta Persada Raya kuat dugaan memperkerjakan pegawai amatir tidak profesional. Tidak hanya itu, kondisi jalan yang bergelombang dan berdebu membuat berbahaya pengguna jalan. Pasalnya gara-gara jalan bergelombang. 


    Sejak pengerjaan awal proyek gorong-gorong dikerjakan, sampai saat ini pengerjaan proyek itu ngawur mas, bahkan terbilang asal asalan, masak box culvert pecah dipasang," tutur warga yang tidak mau disebutkan namanya, Minggu malam, (22/09/2024). 


    Lanjut Warga, "Para pekerjanya pun terlihat amatir, perbaikan gorong gorong itu tidak kunjung selesai. Pasalnya pemerintah surabaya kurang memantau terhadap pengerjaan proyek tersebut.  


    "Mandor kerjanya kurang efektif dan pemasangan box Culvert airnya tidak di sedot, seharusnya dikeringkan dan diberi sertu, agar saat di pasang box Culvert bisa rata tidak bergelombang," tuturnya.  Warga tersebut sangat prihatin karena kondisi jalan sangat tidak enak dipakai, selain bergelombang kondisi jalan sangat licin dan berdebu. "Ini meresahkan pemakai jalan.  


    Berdasarkan pantauan Awak Media Lentera Indonesia di lapangan, sebagian jalan Pakis Tirtosari tersebut masih belum selesai total. Selain kondisi jalan yang bergelombang dan berdebu, masih banyak cekungan yang digenangi air.  


    Tidak hanya itu, terlihat pengendara mobil dan motor mengalami kesusahan ketika melintas dan membutuhkan ekstra hati-hatian.


    Terlihat jelas jalan yang tidak rata membuat pengguna jalan terganggu dam menimbulkan kemacetan sepanjang jalan tersebut.  


    Disisi lain ketika awak media mengkonfirmasi pihak pegawai kelurahan Pakis beliau mengatakan, 

    "Kami koordinasikan dengan PU dulu ya mas, itu DSDABM yang mengerjakan," ucap salah satu pegawai  kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan yang tak mau disebutkan namanya," tutupnya. 


    Sementara diketahui Mandor Proyek Saluran U-ditch Jalan Pakis Tirtosari saat dikonfirmasi wartawan dalam pemasangan box culvert hingga pecah mengatakan, "Saya tidak tahu mas CV atau PT nya, pemasangan sudah seperti itu," singkat Kamid diketahui Mandor pelaksanaan di proyek Pakis Tirtosari.


    Penulis : Topan

    Editor : Punk

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    Laporan-Masyarakat

    +