• Jelajahi

    Copyright © LenteraIndonesia.co.id - portal berita indonesia dan dunia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dosen UWP Usulkan Masyarakat Madani Bagi UMKM Kelurahan Babat Jerawat Kota Surabaya

    ReD
    Sabtu, 21 September 2024, 9/21/2024 WIB Last Updated 2024-09-21T14:18:40Z
    www.domainesia.com
    lentera-indonesia

    LenteraIndonesia.co.id || SURABAYA - Dosen Universitas Wijaya Putra (UWP) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat. Kali ini, fokus mereka tertuju pada pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Babat Jerawat, Surabaya. Melalui program pelatihan, pendampingan, dan pemberian peralatan mesin produksi, para dosen UWP berharap dapat meningkatkan kualitas produk UMKM khususnya dibidang olahan kue serta memperluas jaringan pemasaran mereka.


    Kali ini melalui program seleksi hibah prestasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) skema  Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Tahun Anggaran 2024 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Dosen UWP ingin mewujudkan kemandirian perekonomian masyarakat madani dalam mengelola dan mengembangkan perdagangan.


    “Kami memberikan pelatihan, pendampingan, dan pemberian alat produksi bagi UMKM yang bergerak dibidang olahan kue,” kata Ketua Program PKM, Dwi Elok Indri astuti, SH., M.Hum..


    Untuk program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat ini, kata Dwi Elok, dia mengerjakan program ini bersama dua dosen UWP Surabaya lainnya, yakni Surya Priyam budi, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Trisa Indrawati, MM. Program ini berupa PKM Kemandirian Ekonomi Kelompok Usaha Bersama Berbasis Digital Economy di Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya.


    Kampung madani merupakan implementasi dari tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yang bergerak dalam empat pilar utama, yaitu sosial; ekonomi; lingkungan; tata kelola; dan hukum. Sehingga mulai Bulan Juni 2024 sampai saat ini tim Dosen UWP melakukan pelatihan dan pendampingan pengetahuan mitra tentang keamanan pangan, sanitasi, dan hygiene personal; pendampingan pengurusan sertifikat NIB (Nomor Induk Berusaha), halal, dan merk dagang; pemberian peralatan mesin mixer, penggiling, dan oven gas; pelatihan dan pendampingan dalam inovasi pembuatan olahan produk kue; pelatihan dan pendampingan pencatatan keuangan secara berkala; pelatihan dan pendampingan dalam melakukan promosi melalui sosial media; pelatihan dan pendampingan penjualan melalui eCommerce; pelatihan dan pendampingan melakukan foto produk melalui handphone; dan pelatihan dan pendampingan melakukan video produk melalui handphone.


    Sekretaris Kelurahan Babat Jerawat, Sri Wahyuni, SE, menyampaikan banyak terima kasih karena telah memperhatikan UMKM khususnya di Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya ini, semoga dengan adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut warga memiliki kemandirian ekonomi untuk mewujudkan kampung madani dengan saling membantu warga sekitarnya.


    Hampir secara keseluruhan untuk kegiatan program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang dilakukan oleh tim Dosen UWP sudah mempunyai dampak yang positif,  Harapan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mampu mendorong UMKM untuk berinovasi dalam pengembangan dunia usaha karena memiliki tambahan kompetensi berbasis digital yang sangat berpengaruh pada era saat ini.


    Jika mereka berhasil dalam usaha tersebut, mereka tidak hanya mampu membangun usaha sendiri tetapi juga mampu merekrut tenaga-tenaga kerja baru untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, ungkap Dwi Elok.


    Editor : Punk

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    Laporan-Masyarakat

    +